Konsep PHP



Rancangan dengan konsep bahasa PHP sangat sederhana, bahkan lebih sederhana CGI. cukup membuat sebuah HTML biasa, dengan menambah kode-kode program yang di apit dalam tanda < ... />,maka jadilah script PHP. persis seperti javascript, hanya berbeda pengapit dan dieksekusi di sisi server, sehingga saat tiba ke browser kode PHP sudah diganti dengan hasil eksekusinya.

Sementara iru, untuk membuat aplikasi CGI, anda harus mengerti dulu mekanisme HTTP dan protokolnya, apa itu variabel environtmrnt, atau bagaimana mencetak header respon HTTP yang benar, sehingga cukup merepotkan.

Hal yang cukup menggembirakan bagi seorang pemula, tidak akan lagi muncul halaman notifikasi/pemberitahuan error bertuliskan : "500 internal server Error".

Seperti pada pemrograman CGI tradisional, halaman yang diingin, tidak ramah tanpa dilengkapi keterangan tambahan apa apa tersebut muncul setiap kali terjadi kesalahan sintaks atau terlupanya header yang benar dicetak.

seorang programmer harus masuk ke server melalui telnet/SSH untuk melihat pesan kesalahannya di file log webserver. PHP membantu pemula dengan perlakuan default, yaitu mencetak pesan kesalahan ke browser. ini akan mempercepat siklus debugging.

Dengan menambahkan fugsi fopen() di PHP misalnya, langsung dapat membuka dokumen URL remote. pada dasar nya script PHP merupakan saingan brat script ASP.padahal kedua bahasa pemograman tersebut memiliki kesamaan, yaitu dapat disisipkan pada script HTML dan dijalankan oleh webserver.

Sebagai saingan berat ASP, PHP memiliki beberapa keunggulan, diantaranya :
    • Relatif aman, mengingat script atau source code PHP yang terdapat pada web browser tidak dapat dilihat dengan fasilitas View HTML source, seperti pada internet explorer atau sejenis nya karen script PHP ditempelkan pada tag HTML.
    • Fleksibel, instalai sistem operasi mendukung semua varian Linux, Windows, Mac OS, dan varian UNIX.
    • Dalam hal keamanan data, PHP dapat menggunakan berbagai macam varian database, seperti MYSQL, Microsoft Acces, InterBase, mSQL,Sybase, Dbase, Informiz, SQL Server, dan lain lain.
    • PHP dapat berintegrasi dengan semua aplikasi program CGI misalnya mengambil dilai form, sehingga mengahsilkan halaman web yang dinamis, PHP juga dapat berkomunikasi dengan berbagai layanan yang menggunakan protokol HTTP, SNMP, NNTP, POP3, IMAP, dan lain sebagainya.
    • PHP bisa dikatakan cepat karena ditempelkan pada HTML sehingga waktu tanggap menjadi pendek.
    • Dilihat dari segi harga PHP tidak mahal, malah kebanyakan varian PHP gratis dan dapat di peroleh dengan cuma-cuma.
    • Selain bisa didapatka secara gratis karena dibawah licensi GNU, anda juga dapat memodifikasi fitur PHP sesuai dengan kebutuhan.


0 Response to "Konsep PHP"